Rabu, 16 Januari 2019

3 MITOS RANU KUMBOLO

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang ada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau ini menjadi tempat pemberhentian bagi para pendaki Gunung Semeru. Keindahannya bikin orang betah menikmati pemandangan di sini. Bahkan, tak sedikit yang bermalam di pinggir danau ini dengan mendirikan tenda.
Di pagi hari, kamu bisa lihat pemandangan matahari terbit di antara dua bukit yang mengelilingi Ranu Kumbolo. Sedangkan di malam hari, ada pemandangan gugusan bintang yang sinarnya sangat cantik. Setiap saat ada pemandangan yang memesona di Ranu Kumbolo.
Namun, di balik itu semua ada beberapa mitos yang membuat Ranu Kumbolo menjadi danau yang misterius.

AIR DANAU YANG SUCI

Masyarakat setempat percaya kalau air danau Ranu Kumbolo adalah air yang suci. Sampai saat ini air danau masih digunakan untuk ritual suci keagamaan masyarakat. Karena itu para pendaki dilarang untuk mandi, mencuci, hingga buang air di danau. Kegiatan di sekitar Ranu Kumbolo juga harus dilakukan dengan jarak 10 meter dari tepi danau.
Mau percaya atau tidak, sebaiknya larangan tersebut tetap kamu taati, ya! Hitung-hitung buat menjaga air danau Ranu Kumbolo agar tetap bersih. Kalau kondisi Ranu Kumbolo tetap baik, keindahannya tetap bisa kamu nikmati lebih lama, kan?

TANJAKAN CINTA

Hasil gambar untuk TANJAKAN CINTA RANU KUMBOLO
Di sebelah barat Ranu Kumbolo, ada sebuah tanjakan di bukit yang mengarah ke puncak gunung. Tanjakan ini menyimpan mitos yaitu siapa pun yang terus berjalan naik sambil memikirkan pasangannya tanpa melihat ke belakang, akan memiliki akhir cinta yang bahagia.
Mitos ini berkembang dari kisah seorang pasangan yang pernah mendaki tanjakan ini. Saat sang laki-laki sedang asyik berjalan sambil berfoto, pasangan perempuannya yang berjalan di belakangnya ternyata kelelahan dan tiba-tiba pingsan. Naasnya, perempuan tersebut jatuh terguling hingga akhirnya tewas.
Karena itu, banyak pendaki yang percaya pada mitos ini. Mendaki tanjakan ini juga bisa menguji ketahanan tubuh. Kemiringannya yang mencapai 45 derajat akan cukup menguras tenaga kamu.

DEWI PENUNGGU RANU KUMBOLO

Sedikit misteri, ada mitos tentang ikan mas yang ada di danau Ranu Kumbolo. Ikan mas tersebut diyakini warga setempat sebagai jelmaan dewi penunggu Ranu Kumbolo. Konon katanya saat sedang dalam wujud dewi, terdapat penampakan wanita yang mengenakan kebaya berwarna kuning.
Penampakan dewi penunggu ini ditandai dengan adanya kepulan asap saat bulan purnama. Adanya mitos ini juga menyebabkan warga setempat melarang para pendaki untuk memancing di Ranu Kumbolo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dampak Positif Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Jiwa Dampak Positif Mendaki Gunung Bagi Kesehatan Jiwa Pemandangan yang indah, meli...